-->

Open Source Game: Transport Tycoon Deluxe

Salah satu game simulasi managerial yang sangat terkenal di jaman DOS bikinan micropose. Game ini benar2 sangat addictive dengan mensimulasikan bisnis perusahaan transportasi.

Karena sangat bagus, sedangkan micropose sendiri tidak mengeluarkan update versi2 baru, maka muncullah project open source OpenTTD. Project ini masih aktif hingga tulisan ini dibuat (2013), dan terlihat bahwa pemainnya masih sangat banyak. Di youtube bertebaran tutorial OpenTTD, wikinya pun sangat lengkap. Tersedia untuk semua OS, dari linux sampai win64bit.
http://www.openttd.org/en/

Yang sangat berbeda dari OpenTTD dibanding TTD dan sangat mengasyikkan menurut saya adalah penambahan advanced train signal dan pembuatan canal + aquaduct.

Dalam OpenTTD signalling untuk menentukan apakah sebuah kereta boleh lewat atau tidak, sudah sangat kompleks. Saya yakin untuk menggunakan sistem serupa di negara kita, membutuhkan controller canggih di PTKAI

Pembuatan canal (terusan) juga mengasyikkan, dimana kita menghubungkan laut melalui daratan. Tentu saja ada "canal lock", untuk menaik turunkan level air agar kapal bisa masuk ke daratan yang lebih tinggi. Jadi paham sistem yang digunakan di terusan suez maupun panama. Bedanya kalau ingame, mengisi air ke canal lock tidak membutuhkan waktu, seolah kapal hanya lewat

Satu hal yang saya kurang puas dengan OpenTTD, yaitu graphics set standar bawaannya. Memang banyak online content yang bisa si download ingame, tapi seharusnya bawaan installasinya dibikin salah satu yg bagus, sehingga user yang terbiasa dengan TTD micropose tidak kecewa melihat artistik bangunan2, gambar rel, dll. Saya sendiri menggunakan graphics set aslinya dari micropose, agar lebih berasa main TTD waktu jaman SD. Nostalgia dengan game2 terbaik sepanjang sejarah.

sumber : Arief Budiman (account fb)

0 Response to "Open Source Game: Transport Tycoon Deluxe"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel